Essential Oil distinctive aroma Kudus town

parijotoBuah Parijoto adalah buah khas kota kudus bisa kita peroleh di gunung Muria, terutama di sekitar Makam Sunan Muria,  di Kab. Kudus, Jawa Tengah. Parijoto dapat tumbuh di wilayah pegunungan  dengan ketinggian 800 – 2300 m dpl serta memiliki kelembaban udara dan tanah berhumus tinggi. Nama latinnya adalah  “Medinella speciosa L.”  
Di kalangan masyarakat pedesaan (terutama yang berada di wilayah dataran tinggi), Parijoto terkenal akan manfaatnya yang sangat beragam. Selain ampuh sebagai obat sariawan, tanaman ini juga terbukti mampu menanggulangi penyakit diare dan sangat dianjurkan bagi ibu hamil. 
         Bahkan dipercayai buah parijoto dapat menambah kesuburan kandungan bagi ibu2 yang sulit mendapatkan keturunan. Walaupun belum ada penelitian resmi tentang hal ini, namun banyak yang mempercayainya, bahwa buah parijoto  bisa menambah kesuburan, menambah kwalitas sel telur maupun sperma bagi suami. 
Sering saya dapat telepon dari pembeli, maupun yang datang langsung membeli parijoto ke tempat kami bercerita bahwa saudaranya yang lama belum dikaruniai anak berhasil mendapat keturunan setelah mengkonsumsi buah parijoto (Wallahualam)
         Salah satu TV nasional pernah menayangkan liputan mengenai buah parijoto, disitu dapat kita saksikan reportasi tentang tempat tumbuhnya parijoto di lereng gunung Muria, pohon parijoto yang sedang berbuah lebat, rujakan parijoto ala penduduk setempat, serta wawancara mengenai khasiat buah parijoto
Bagi ibu-ibu yang sedang hamil buah ini dipercayai bisa membuat bayi  yang dilahirkan nantinya akan memiliki paras yang rupawan, kulit yang putih dan bersih. Cerita ini bermula pada zaman dulu ada seorang ibu yang sedang hamil muda datang ke Sunan Muria. Ia memohon kepada Allah  agar  bayi yang dikandungnya bila nanti lahir diberi kesehatan dan keselamatan serta mempunyai paras yang cantik atau tampan. Sunan Muria kemudian memetik setangkai buah parijoto yang banyak terdapat di lereng  Gunung Muria dan memberikannya kepada ibu yang sedang hamil muda itu. Beberapa bulan kemudian ibu muda tersebut melahirkan bayi yang sangat rupawan. Hingga akhirnya berita tentang buah parijoto yang berasal dari Gunung Muria yang berkhasiat untuk ibu hamil itupun menyebar luas dan menjadi mitos sampai sekarang …
Klasifikasi
Kingdom:
Plantae (tumbuhan)
Subkingdom:
Tracheobionta (berpembuluh)
Superdivisio:
Spermatophyta (menghasilkan biji)
Divisio:
Magnoliophyta (ber
Ordo:
Myrtales
Familia:
Melastomataceae
Genus:
Medinella
Spesies:
Medinella speciosa L.
bunga)
Kelas:
Magnoliopsida (berkeping dua/dikotil)
Sub-kelas:
Rosidae
Hasil studi menemukan bahwa bunga  ini mengandung zat kimia berupa kardenolinsaponinflavonid (terutama pada buah dan bunga ) dan tanin(terutama pada daun). Hal ini menjadikan mengapa Parijoto sangat dianjurkan sebagai penambah nutrisi bagi ibu yang sedang mengandung. Umumnya para wanita mengonsumsi parijoto setelah usia kandungan memasuki lima bulan ke atas. Namun, tak jarang sudah mengonsumsi pada usia kehamilan dua-tiga bulan.
Konon saat istri Sunan Muria hamil, lalu mengonsumsi buah parijoto yang ditemukannya jauh di dalam hutan, bayi yang dilahirkan menjadi sehat serta berkulit bersih. Oleh Sunan Muria, hal itu kemudian disebarkan oleh para santrinya dan dipercaya hingga kini.
Ciri:
Perdu, tegak, tinggi 1-2 meter.
Ekologi dan penyebaran :
Merupakan tumbuhan liar di lereng-lereng gunung atau di hutan-hutan dan kadang dibudidayakan sebagai tanaman hias. Tumbuh baik pada tanah yang berhumus tinggi dan lembab, pada ketinggian 800 m sampai 2.300 m di atas permukaan laut. Berbunga pada bulan November-Januari dan waktu panen yang tepat bulan Maret-Mei.
Bagian yang digunakan :
Daun dan buah dalam keadaan segar atau setelah dikeringkan.
Obat diare : daun parijoto segar sebanyak 20 gram, dicuci direbus. dengan 400 ml air sampai mendidih selama 15 menit, disaring, setelah dingin diminum 2 kali sehari pagi dan sore.
Obat kolesterol: langsung memakan buahnya yang sudah matang.
Sebagai penyubur kandungan: langsung memakan buahnya yang sudah matang.
Bunga
Sebagai aroma terapi untuk ibu hamil
oleh karena itu , 
kami melakukan research penyulingan minyak astiri dari buah parijoto khas kudus 
dengan aroma khas , yang di kalangan pecinta fragrance oil di sebut Showhy asian Grape 
dengan harga $ 231 
sangat bagus untuk spa , aroma teraphi dan kesehatan ibu hamil

photo

https://www.youtube.com/watch?v=K9zE-b3USu4