MONOPOLI DALAM SATU KOLONI USAHA LAUNDRY

Posted by: | Posted on: September 29, 2019

MONOPOLI DALAM SATU KOLONI  LAUNDRY 

Dalam satu pasar banyak sekali penjual. dengan latar belakang berbeda . Banyak macam dagangan di jual belikan , selain banyak macam nya juga banyak jenis nya …

Selain penjual tentunya ada banyak pembeli pula dengan berbagai macam latar belakang dan kemampuan daya beli yang berbeda . Memang pasar tempat bertemu antara penjual dan pembeli .

Perilaku penjual di pasar beragam , 3m ( malu malu mau ) , ppm ( pura pura membantu) dan seterusna . Ada yang membuat komunitas dengan tujuan memonopoli dagangan , sharing 2 kemudian selling2 maupun Direct selling ( menawarkan barang kekonsumen secara langsung )

Dalam pasar ada kepala pasar yang bertugas mengatur , mengorganisasi pelaku pasar dan aktivitas pasar , jika pasar ramai dan banyak transaksi bisa di katakan pasar itu hidup

Dalam dunia sosmed terutama facebook , Grub sebuah facebook tidak ubahnya pasar di dunia maya . Penjual , pembeli bertemu dan bertransaksi , ada admin yang di andaikan kepala pasar . Jika grub facebook yang banyak sekali anggota namun mulai sepi bahkan meredup artinya ada para pihak baik penjual , pembeli atau admin grub ( kepala pasar ) yang membuat sesuatu tidak nyaman . Atau penghuni grub mulai sadar akan ada nya monopoli dagang dalam satu koloni ….

Lantas bagaimana komunitas yang menciptakan pasar ? Tidak jauh beda !!!

PENULIS : Budi Pantura 

Post : Tiwi 

 




Comments are Closed

%d blogger menyukai ini: